GTA Trilogy Definitive Edition: Mengesankan atau Mengecewakan? - Teh90blog

GTA Trilogy Definitive Edition: Mengesankan atau Mengecewakan?

GTA Trilogy Definitive Edition

Setelah rumornya menyebar cukup lama, akhirnya Rockstar merilis game GTA trilogy versi remastered ini pada 11 November lalu dengan harga 60 Dolar AS, atau kurang lebih sekitar Rp 820.000.

Banyak player GTA, khususnya para player lama tentu sangat antusias mendengar hal ini mengingat game tersebut dulu merupakan game yang menyimpan banyak kenangan waktu masih kecil, khususnya GTA San Andreas yang dulu sangat populer pada masanya.

Akan tetapi, apakah GTA trilogy versi remastered ini layak untuk dibeli? Apa yang membuatnya berbeda dengan versi originalnya? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak pembahasan berikut:


Apa Itu Versi Remastered?

Perlu kalian tahu bahwa GTA Trilogy Definitive Edition yang dirilis Rockstar tahun ini merupakan versi "Remastered" dari originalnya, bukan "Remake".

Lantas, apa bedanya?
Versi remastered merupakan versi dimana game umumnya hanya mengalami peningkatan pada grafis dan teksturnya, tidak ada peningkatan pada fitur ataupun mode baru. Intinya, versi remastered ini hanya meningkatkan grafis game saja, membuat player-nya dapat bernostalgia dengan gameplay yang jadul namun diiringi dengan Grafis yang HD.

Lain halnya dengan versi remake, karena dalam versi ini seluruh hal yang ada dalam game akan diubah. Baik dari segi cerita, fitur, ataupun grafis, semuanya memiliki peningkatan yang membuat player-nya merasa seperti bermain game yang baru. Contohnya saja seperti game Resident Evil II & III remake yang sukses membuat player takjub dengan tampilan gameplay dan grafisnya yang dibuat sangat berbeda dengan versi originalnya dulu.

Oleh karena itu, apabila kalian mengharapkan penambahan fitur ataupun peningkatan misi yang ada dalam GTA trilogy definitive edition, maka kubur saja harapan kalian dalam - dalam, karena game ini hanya merupakan versi "remastered" yang mungkin Rockstar buat agar pemain lama dari GTA dapat bernostalgia kembali dengan gameplay GTA yang dulu namun dengan grafis yang lebih HD.


Pro & Kontra

Munculnya GTA Trilogy Definitive Edition ini tentu menimbulkan banyak sekali pro & kontra diantara player-nya. Banyak yang mengatakan bahwa GTA Trilogy ini merupakan hal yang sangat bagus sebab Rockstar berhasil membawa banyak player bernostalgia dengan game lamanya. Akan tetapi, banyak juga yang mengeluhkan game ini dikarenakan banyaknya bug & glitch yang masih dipertahankan dari versi originalnya, bukannya diperbaiki namun justru malah bertambah parah.

Dikarenakan bug & glitch yang ada terlalu banyak, seorang Youtubers dengan nama channel Catlarious bahkan sampai membuat kompilasinya hingga beberapa part. Untuk lebih detailnya silahkan lihat saja dalam video berikut:


Beberapa konten kreator lain juga melakukan hal yang serupa, menunjukkan bahwa game GTA remastered buatan Rockstar ini sangat memiliki kelemahan dibandingkan game Rockstar lainnya. Channel YT lain bernama ENXGMA yang berfokus dalam pembahasan game GTA bahkan menilai versi remastered ini dengan kata "embarassing" yang berarti "memalukan".

Hal tersebut tentu sangat menghebohkan, mengingat sampai saat ini Rockstar masih memiliki reputasi yang baik berkat game-nya yang dikenal paling sempurna di kalangan genre open world. Sebut saja game buatan Rockstar lainnya seperti Red Dead Redemption 2 dan GTA V yang sampai saat ini popularitasnya masih sangat tinggi berkat tingkat realistisnya yang sangat menakjubkan, bahkan dalam hal yang paling mendetail sekalipun.

Perfeksionis Rockstar dalam membuat game seolah langsung turun drastis setelah GTA Trilogy Definitive Edition ini dirilis, dari yang mulanya menjadi dewanya developer game open world, kini nampaknya mulai menyaingi developer CDPR yang telah habis terkena kritik atas karyanya, Cyberpunk 2077, yang sama - sama memiliki banyak sekali bug & glitch dalam game-nya.

Entah apa yang dilakukan Rockstar, yang jelas GTA Trilogy Definitive Edition ini masih memiliki beragam bug & glitch yang membuat banyak orang enggan membelinya. Saya sendiri mengharapkan Rockstar kedepannya memiliki patch baru yang nantinya dapat digunakan untuk memperbaiki berbagai bug & glitch tersebut, ya walaupun itu hanya sekedar harapan saja, faktanya sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Rockstar terkait pembenahan bug & glitch.

Akan tetapi, terlepas dari seluruh kelemahannya diatas, GTA Trilogy Definitive Edition ini memang memiliki peningkatan yang sangat menakjubkan dalam hal grafisnya. Berbagai elemen yang dulunya hanya dibuat 2D, kini dapat kalian rasakan dalam versi 3D yang membuat game ini makin interaktif untuk dimainkan. Berbagai hal detail lainnya seperti tampilan map, cuaca, tekstur air, semuanya telah diubah menjadi lebih smooth dan realistis yang membuat player-nya makin ketagihan untuk memainkannya.


Apakah worth it untuk dibeli?

Setelah pembahasan yang begitu panjang, kini pertanyaan akhirnya adalah "apakah game ini worth it untuk kalian beli?".

Bagi kalian yang hanya ingin sekadar bernostalgia dengan game GTA, maka versi remastered ini sangat worth it untuk kalian beli, sebab peningkatan grafisnya memang sangat drastis sehingga kalian lebih nyaman untuk memainkannya. Yahh itung - itung buat nostalgia aja, sembari mengingat momen - momen dulu saat main GTA di warnet.

Akan tetapi, untuk kalian yang hobi mengeksplor map dan menemukan detail - detail kecil, maka versi remastered ini sangat tidak worth it untuk kalian beli. Harganya yang dibanderol cukup tinggi terkesan sangat tidak relevan sekali dengan banyaknya bug & glitch yang masih belum diperbaiki.

***

Itulah pembahasan saya terkait GTA Trilogy Definitive Edition, apakah kalian tertarik untuk membelinya? Tulis pendapat kalian mengenai game ini di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan info menarik seputar dunia game.

Terima kasih.

0 Response to "GTA Trilogy Definitive Edition: Mengesankan atau Mengecewakan?"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel