Kutas (Kupas Tuntas) Hero Floryn: Skill, Build, Emblem, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Floryn: Skill, Build, Emblem, dll

Kupas Tuntas Floryn

Mobile Legends
akhirnya kedatangan hero support baru setelah sekian lama tidak pernah kedatangan hero support satupun. Hero support terakhir yang dirilis Moonton yaitu Mathilda yang dirilis pada bulan Januari, itu sudah 9 bulan yang lalu, dan tidak ada lagi hero baru dengan role support lagi sampai pada akhirnya Floryn dirilis di bulan September ini.

Floryn merupakan hero support murni, yang artinya role dari hero ini tidak bercampur dengan role lainnya, cukup satu yaitu role support. Sebelum perilisannya, banyak orang menganggap bahwa Floryn menjadi hero support dengan mekanik yang unik, sebab hero ini dapat membagikan item miliknya ke salah satu teman satu timnya. 

Selain itu, Floryn juga dikenal memiliki efek healing yang sangat nggak masuk akal, karena hero ini dapat memeberikan healing kepada semua timnya dalam jarak yang tak terbatas.

Dengan berbagai kemampuannya tersebut, tak heran jika Floryn diprediksi akan menjadi hero META yang sangat mengerikan, menggantikan Rafaela, Angela, dan hero support lainnya yang kini cukup sering digunakan dalam setiap match.

Lantas, apakah Floryn ini memang benar - benar mengerikan seperti yang telah diperkirakan? Untuk mengetahui jawabannya tersebut, mari kita kupas detail setiap skillnya terlebih dahulu.

A. ATRIBUT DAN SKILL

Skill Pasif: Dew

Floryn membawa lentera milik Dew bersamanya. Setiap Floryn menggunakan skill, Dew dan lentera tersebut akan mengumpulkan energi dan dapat berevolusi saat energinya telah penuh.

Floryn dapat membagikan lentera tersebut kepada rekan satu timnya ketika berada di dalam base, dan kekuatan lenteranya akan bergantung pada energi yang Floryn kumpulkan, jika energinya telah penuh, maka kekuatan lentera tersebut juga akan penuh.

Efek item yang dapat Floryn bagikan kepada teman (saat energinya telah penuh) yaitu: 500 max HP dan 8% magical dan physical attack.

Perlu diingat bahwa lentera yang Floryn bagikan tidak akan membebani slot item kalian. Jadi, jika item kalian telah penuh ditambah dengan satu item dari Floryn, maka jumlah item kalian akan menjadi tujuh. Hal itu tentu sangat berguna bagi role tertentu, khususnya role jungler untuk menambah damage serta agar lebih sustainable saat masuk dalam war.

Skill 1: Sow

Skill 1 Floryn

Floryn melempar sebuah bola energi kepada lawan, memberikan damage, lalu memantul ke arah rekan tim kalian untuk memberikan efek healing. 

Skill 1 Floryn ini merupakan skill multifungsi yang harus kalian tingkatkan terlebih dahulu saat early game. Usahakan juga untuk selalu menggunakan skill ini entah ke musuh, minion, ataupun monster jungle agar teman kalian mendapatkan efek healing secara terus - menerus.

Skill 2: Sprout

Skill 2 Floryn

Floryn melemparkan gumpalan energi ke arah yang ditentukan, memberikan damage dan akan memberikan efek stun singkat dalam bentuk area. Sprout merupakan skill crowd control (cc) yang dapat menghentikan gerak musuh dengan mudah berkat efeknya yang memiliki damage area. 

Walaupun efek stun yang dimiliki skill ini cukup singkat, namun Sprout tetap akan sangat berguna untuk melindungi jungler kalian dari serangan musuh, terlebih dari gangguan hero assassin seperti Lancelot dan Hayabusa yang kini telah mulai mendominasi setelah terkena revamp.

Skill 3: Bloom

Skill 3 Floryn

Floryn akan memberikan healing kepada semua rekan satu timnya sebanyak 2 kali, tanpa memerdulikan jarak. Jika ada musuh yang berada dalam area healing tersebut, maka mereka akan terkena damage serta efek silence dalam waktu yang singkat.

Skill ini memang sangat simple untuk dipahami, namun efek yang ditimbulkannya sangat mengerikan mengingat bahwa Floryn ini hanya merupakan sebuah hero support. Dengan hanya satu skill saja, Floryn dapat memberikan damage kepada musuh dalam bentuk area sekaligus memberikan healing kepada rekan satu tim dalam waktu yang singkat.

Terlebih lagi, skill ultimate ini tak memiliki jarak, yang artinya, dimanapun tim kalian berada, mereka tetap mendapatkan efek healing dari Floryn. Mekanismenya sama seperti ultimate Yi Sun Shin namun skill ini memberikan healing dan ditujukan untuk rekan satu tim.

Dengan berbagai efek skillnya tersebut, dapat saya katakan bahwa Floryn memang merupakan hero support yang cukup Overpower. Ini dikarenakan skill dari Floryn memiliki banyak sekali efek yang menguntungkan, seperti contohnya efek cc di skill 2 yang dapat menghambat musuh, serta efek healing dari ultimatenya yang mengabaikan jarak.

Agar lebih paham lagi, kalian bisa cek aja gameplay Floryn lewat video dari channel Youtube VY Gaming berikut:


B. BUILD

Info build Floryn selengkapnya dapat kalian lihat di gambar berikut:
Build

Emblem

Saya sangat merekomendasikan kalian buat memakai emblem support dengan talent Pull Yourself Together untuk sedikit mengurangi cooldown spell serta respawn Floryn sebesar 15%.

Item

Dalam pembahasan kali ini, saya akan memberikan kalian rekomendasi item Floryn dengan full defense, karena dari hasil beberapa match yang telah saya lakukan, Floryn dengan item defense terbukti lebih berguna daripada Floryn dengan item damage. 

Tanpa basa - basi lagi, langsung saja simak pembahasan itemnya berikut:

1. Demon Shoes

Demon shoes merupakan item yang digunakan untuk menghemat mana Floryn agar dia dapat melakukan spam skill saat early game

Jangan lupa juga buat tambahkan item roaming Favor ke sepatu ini agar nantinya efek healing yang dimiliki oleh Floryn lebih maksimal.

2. Oracle

Oracle digunakan untuk semakin memperkuat lagi kemampuan healing yang dimiliki Floryn berkat efek pasif item ini yang dapat meningkatkan HP regen dan armor absorb sebesar 30%.

3. Dominance Ice

Dominance Ice sangat berguna untuk mengatasi hero - hero dengan lifesteal yang tinggi, sebab efek dari item ini dapat mengurangi kemampuan lifesteal tersebut sebesar 50% selama 3 detik.

Dominance Ice juga dapat mengurangi attack speed musuh sebesar 30% yang sangat bagus kalian gunakan buat counter hero - hero DPS seperti marksman.

Jika kalian tak menginginkan banyak item defense, Dominance Ice ini dapat kalian ganti dengan Necklace of Durance, karena efek dari kedua item tersebut sama, yaitu dapat mengurangi lifesteal musuh sebesar 50%.

4. Athena Shield

Athena Shield merupakan item yang sangat bagus buat counter hero burst dengan damage magical. Dengan adanya Athena Shield, maka Floryn ini akan tahan dengan damage burst dari hero mage musuh.

Akan tetapi, jika musuh menggunakan hero mage dengan tipe DPS, maka ganti saja Athena Shield dengan Radiant Armor.

Buat kalian yang masih bingung perbedaan Radiant Armor dengan Athena Shield bisa cek pembahasannya di link berikut:

5. Immortality

Untuk rekomendasi item yang terakhir sebenarnya dapat kalian sesuaikan dengan kondisi tim kalian. Akan tetapi, disini saya akan memilih untuk menggunakan Immortality, karena item inilah satu satunya penyelamat saat telah memasuki fase late game.

Immortality dapat membuat Floryn lebih sustainable lagi saat war dan juga dapat meningkatkan mental bermain kalian agar lebih PD saat menghadapi serangan musuh.


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN FLORYN

Kelebihan dan Kelemahan Floryn

Kelebihan

  • Memiliki Banyak Efek Healing

Sebagai hero support, wajar saja jika Floryn ini memiliki efek healing yang banyak. Akan tetapi, yang membuat Floryn ini lebih unggul dari segi efek healing-nya adalah berkat skill ultimate yang membuatnya dapat memberikan efek healing ke semua rekan satu tim sekaligus tanpa memperdulikan jarak.

Kemampuannya tersebut tentu menjadi nilai plus yang lebih bagi Floryn, mengingat selama ini tidak ada hero lain yang memiliki kemampuan healing seperti itu (Estes doang yang mirip, tapi harus nempel biar dapet efek healing).

  • Dapat Membagikan Item ke Teman Satu Tim

Berkat efek dari skill pasifnya, Floryn dapat membagikan item khusus bernama Flower of Hope kepada rekan satu tim yang dipilihnya agar menjadi kuat saat menghadapi war.

Walaupun efek dari item yang dibagikan tidak terlalu besar, namun hal itu sudah cukup untuk menaikkan tingkat persentase kemenangan tim kalian. Pastikan untuk memberikan item tersebut ke hero yang tepat, contohnya seperti jungler maupun sidelane agar mereka dapat lebih tebel + punya lebih banyak damage


Kelemahan

  • Mobilitasnya Rendah

Setelah menggunakan Floryn dalam beberapa match, entah kenapa saya merasa Floryn ini sangat kurang dari segi mobilitasnya. Padahal, seharusnya hero support harus unggul dari segi mobilitas karena merekalah yang bertugas untuk melakukan roaming ke berbagai lane.

Kondisi ini juga diperparah dengan tidak adanya efek tambahan movement speed dari semua skill yang dimiliki oleh Floryn, sehingga pergerakan dari hero ini terkesan sangat lambat dibandingkan dengan hero support lainnya.

  • Mudah Terkena Pick Off

Dikarenakan Floryn memiliki banyak sekali efek healing, maka akibatnya nyawa dari hero ini tergolong sangat tipis. Maka dari itu, tak jarang jika kalian pasti akan menemukan player Floryn yang mendapatkan bronze, karena hero ini memang jadi incaran yang empuk buat musuh.

Selain itu, Floryn juga tidak akan terlalu tebal jika kalian jadikan sebagai tank, kesannya kayak nanggung gitu. Mau dijadiin tank ntar kagak ada damage + nyawanya nggak terlalu tebel. Kalaupun mau dijadiin mage ntar gampang kena ciduk. Ya pokoknya kayak gitu deh, serba salah, soalnya Floryn ini cuma punya 5 slot item kosong yang bisa kalian isi, sisanya sudah dipakai buat ngisi item dari skill pasifnya.

  • Tidak Memiliki Skill Escape

Dari berbagai kelemahan diatas, faktor inilah yang sangat saya sayangkan dari Floryn. Entah kenapa, Moonton nggak mau ngasih satupun skill escape ke hero support yang satu ini.

Walaupun Floryn sebenarnya telah dibekali dengan efek cc dari skill 2 (Sprout). Akan tetapi, masalahnya efek cc dari skill tersebut juga tak begitu berdampak besar karena efek cc-nya memiliki jeda terlebih dahulu yang membuat musuh dapat menghindarinya dengan mudah.


D. TIPS BERMAIN FLORYN

Tips Bermain Floryn

1. Tingkatkan Dew (skill 1) Terlebih Dahulu di Early Game

Dew (skill 1) merupakan skill andalan Floryn yang harus kalian tingkatkan terlebih dahulu, karena efek dari skillnya yang dapat memberikan healing ke teman terdekat. Cukup spam aja skill ini waktu ada musuh atau minion agar kalian dapat memperoleh efek healing secara terus - menerus

Selain itu, skill 1 ini juga merupakan satu satunya skill dari Floryn yang memiliki damage cukup besar. Oleh karena itu, tak ada alasan lagi buat kalian untuk tidak meningkatkan skill ini waktu early game.

2. Menggunakan Item Roaming Favor Untuk Memaksimalkan Efek Healing

Item roaming Favor memang dibuat untuk meningkatkan efek healing yang sangat efektif jika kalian gunakan kepada Floryn. Terlebih lagi, efek healing dari item roaming ini akan memprioritaskan kepada hero yang sekarat terlebih dahulu, yang mana hal tersebut sangat OP sekali jika dikombinasikan dengan ultimate Floryn. 

Dimanapun teman kalian sekarat, sekali kena ultimate Floryn ditambah efek dari item roaming Favor nyawanya dijamin auto penuh lagi.

3. Hemat Ultimate

Ultimate (Bloom) merupakan satu - satunya source skill yang dimiliki Floryn untuk memberikan efek healing dari jarak yang sangat jauh. Oleh karena itu, selalu pergunakan ultimate hanya disaat yang tepat agar efek dari ultimate-nya tidak terbuang sia-sia. Terlebih lagi, cooldown dari ultimate Floryn ini cukup lama sehingga jika kalian salah menggunakannya, maka musuh dapat menyerang balik tim kalian dengan cepat.

Usahakan untuk gunakan ultimate hanya saat war dalam skala besar, mengingat efek dari ultimate-nya yang juga dapat memberikan damage ke musuh.

4. Selalu Perhatikan Posisi

Sudah saya singgung sebelumnya bahwa Floryn ini merupakan hero yang sangat gampang terkena pick off oleh musuh. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk selalu mencari posisi yang tepat untuk menghindari dari serangan musuh saat war.

Usahakan juga untuk tidak sering muncul di map, karena musuh pasti akan mengincar kalian terlebih dahulu atau setidaknya memancing kalian untuk menggunakan ultimate.

5. Gunakan Sprout (skill 2) Untuk Melakukan Lock ke Hero Musuh

Walaupun efek stun-nya tidak terlalu lama, tapi skill 2 inilah satu satunya pilihan Floryn buat menghambat pergerakan musuh. Selain itu, skill ini juga dapat kalian gunakan buat melakukan lock ke hero core musuh berkat area skillnya yang cukup panjang.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa skill ini dapat terhalang oleh minion ataupun monster jungle. Jadi, usahakan untuk arahkan tepat langsung ke arah musuh untuk mendapatkan efek stun yang maksimal.

***

Jika dilihat dari berbagai aspek yang telah saya bahas diatas, dapat disimpulkan bahwa Floryn memang menjadi hero support yang cukup efektif untuk digunakan dalam berbagai kondisi, khususnya karena efek healing dari ultimate-nya yang mengabaikan jarak. 

Terlepas dari berbagai kelemahannya, Floryn cukup worth it untuk kalian beli, karena mekanisme penggunaan dari hero ini tergolong mudah, serta kemampuannya yang masih seimbang jika dibandingkan dengan hero support lainnya.

Jadi, apalah kalian puas dengan pembahasan saya kali ini? Silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai hero Floryn di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya terkait game Mobile Legends.

Terima kasih.

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Floryn: Skill, Build, Emblem, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel