Kutas (Kupas Tuntas) Hero Yve : Atribut, Skill, Emblem, Build, Counter, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Yve : Atribut, Skill, Emblem, Build, Counter, dll

Sudah agak lama rasanya saya tidak membuat artikel terkait Kutas hero. Jadi, mumpung kemarin Moonton baru merilis hero terbarunya, maka kali ini saya akan membuatkan artikel kutas terkait hero tersebut. Seperti yang telah tertulis di judul, hero yang akan saya bahas kali ini yaitu Yve, rival dari Zhask.

Btw, ini merupakan konten Kutas yang kedua di teh90blog. Pada artikel Kutas yang pertama saya telah membahas berbagai hal terkait hero Granger. Oleh karena itu, buat kalian yang penasaran sama konten Kutas yang pertama, silahkan klik DISINI, atau kalian juga bisa cari di menu Daftar Isi.

Balik lagi ke Yve, hero mage yang menjadi rival dari Zhask ini dirilis oleh Moonton ke Original Server pada 12 Februari 2021, setelah hero tersebut tertahan terlalu lama di Advanced Server.

Yve sebenarnya telah muncul di Advanced Server selama kurang lebih 5 bulan yang lalu. Bahkan, hero ini telah ada terlebih dahulu sebelum hero Benedetta muncul. Akan tetapi, entah kenapa Moonton baru merilisnya ke Original Server sekarang. Mungkin karena hero Yve yang terlalu OP? Siapa tau?

Yve merupakan hero mage dengan tipe Poke/Burst, sama seperti Pharsa dan Cecilion. Skill yang dimiliki oleh hero ini juga memiliki area damage. Lalu apa yang menjadi keistimewaan dari Yve ini dari hero yang lain? Apa saja atribut yang dimilikinya? 

Untuk mencari jawabannya, langsung saja simak pembahasannya berikut:

A. Atribut dan Skill

Yve memiliki 3 skill yang semuanya memiliki area damage, ditambah dengan 1 skill pasif yang dapat di stack.

Skill Pasif: Galactic Power

Yve memperoleh stack yang disebut Galactic Power saat memberikan damage ke musuh dengan skill 1 dan skill 2 nya. 

Stack dari Galactic Power ini dapat mencapai hingga 10 stack, dan stack tersebut akan berguna saat kalian mengaktifkan ultimate.

Skill 1: Void Blast

Yve meledakkan Galactic Energy ke area yang telah ditentukan, memberikan 200 (+90% total magic power) Magic damage kepada target.
Musuh yang berada di tengah area skill ini akan terkena damage 2 kali lipat.
Skill 1 dari Yve ini dapat digunakan untuk mencicil HP musuh sejak early game. Pastikan kalian mengupgrade skill 1 ini terlebih dahulu saat game dimulai, agar kalian dapat melakukan pressure pada musuh kalian dengan mudah.

Skill ini juga tidak memiliki jeda saat penggunaannya. Jadi, kalian dapat langsung mengenai musuh hanya dengan menempatkan skill 1 ini tepat di posisi mereka.

Skill 2: Void Crystall

Yve memanggil sebuah Void Crystall di area yang telah ditentukan, memberikan 220 (+40% total magic power) Magic power kepada target yang terkena hit.

Gunakan kembali skill ini untuk memancarkan energi ke arah yang telah ditentukan selama 2,7 detik, memberikan 110 (+20% total magic power) magic damage selama 0,45 detik kepada target yang terkena hit dan menyebabkan efek slow sebesar 35%.
Jika target terus berada di area skill 2 Yve ini, maka dia akan memperoleh efek slow tambahan hingga 60%.
Skill 2 dari Yve ini merupakan skill yang bagus untuk melakukan clear minion sekaligus menghambat musuh yang akan kabur. 

Efek slow yang cukup besar dari skill ini nampaknya akan sangat berbahaya jika kalian kombinasikan dengan item Ice Queen Wand. Apalagi jika ditambah dengan Glowing Wand yang dapat membakar musuh secara perlahan.

Hmmm, hero yang sangat menarik.

Skill 3: Real World Manipulation

Yve menciptakan sebuah Starfield di arah yang ditentukan yang berlangsung selama 15 detik. Selama durasi tersebut, Yve akan immune terhadap efek airborne. 

Efek crowd controll dapat mengganggu skill ultimate Yve, namun tidak dapat membatalkannya. Satu-satunya cara untuk membatalkanya hanya dengan efek surpress.

Saat ultimate-nya aktif, Yve dapat menggeser maupun menekan kotak yang berada dalam area ultimate-nya. Setiap perlakuan tersebut akan mendapatkan efek yang berbeda.

Menekan: Memberikan 400 (+120% total magic power) Magic damage di area yang ditentukan.
Menggeser: Memberikan 130 (+20% total magic power) Magic damage di area yang ditentukan, serta memberikan efek slow sebesar 60% selama 2,7 detik.

Lawan yang melakukan kontak dengan area ultimate Yve akan terkena efek slow sebesar 90% selama 1,5 detik (Efek ini hanya aktif sekali pada setiap hero musuh).

Skill ultimate dari Yve ini memiliki banyak sekali efek yang mungkin dapat membingungkan kalian saat pertama kali menggunakannya.

Pada intinya, skill ultimate dari Yve memiliki 2 cara penggunaan, yaitu ditekan dan digeser. Ketika ditekan, skill ultimate ini akan memberikan damage yang besar. Sementara itu, ketika digeser, skill ini  dapat memberikan efek slow tambahan.

B. Build

Emblem

Emblem mage adalah pilihan yang tepat ketika menggunakan Yve, sebab hero tersebut menggunakan magic damage dalam setiap serangannya.

Untuk kustomisasinya, silahkan kalian lihat gambar berikut:

Saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan talent emblem Magic Worship, sebab ketika musuh terkena damage berulang, maka musuh tersebut akan mendapatkan tambahan damage yang cukup besar.

Item

Untuk rekomendasi item serta penjelasannya, silahkan simak penjelasan berikut ini:

1. Demon Shoes
Spesialis: Mana regen

Sepatu ini digunakan agar mana dari Yve tidak terlalu boros saat early game. Dikarenakan Yve kebanyakan digunakan sebagai hero support di area mid lane, maka dia harus selalu memiliki mana yang cukup untuk melakukan roam maupun clear minion dengan cepat.

Kalian dapat mengganti sepatu ini dengan item Enchanted Talisman (Buku) agar mana regen yang diperoleh lebih besar.

2. Clock of Destiny
Spesialis: Stack Hp + mana

Clock of Destiny merupakan item wajib yang digunakan oleh semua hero support di game Mobile Legends. Item ini akan menambahkan kapasitas mana serta HP setiap 30 detik, dan dapat di stack hingga 10 kali.

Clock of Destiny sangat bagus digunakan oleh Yve, sebab item ini dapat menambah HP dan mana, sehingga Yve yang kalian pakai tidak mudah terkena pick off  oleh musuh.

3. Necklace Of Durance
Spesialis: Mengurangi efek Lifesteal (Lifedrain)

Sama layaknya Clock od Destiny, item ini juga merupakan item wajib yang harus dimiliki oleh hero support di game Mobile Legends.

Efek pasifnya yang mengurangi lifesteal musuh dapat digunakan sebagai counter hero-hero yang saat ini tengah menjadi langganan ban, seperti Esmeralda, dan Yu Zhong.

4. Ice Queen Wand
Spesialis: Menambah efek slow

Ice Queen Wand merupakan item yang dapat memberikan tambahan efek slow sebesar 15% setelah memberikan damage ke musuh.

Yve memiliki banyak sekali efek slow yang terdapat pada skill ultimate-nya. Oleh karena itu, saya kira item ini bakal menjadi langganan Yve, sebab efek slow yang diperoleh akan bertambah besar.

5. Divine Glaive
Spesialis: Magic Penetration

Divine Glaive merupakan item yang memiliki magic penetration paling tinggi. Kebanyakan item ini digunakan untuk melawan musuh yang keras, seperti hero tank, atau fighter.

Item ini juga sangat efektif untuk kalian gunakan jika musuh sudah memiliki Athena Shield.

6. Immortaliy
Spesialis: Edo Tensei (Hidup kembali setelah mati)

Immortality merupakan item defense yang digunakan sebagai jaga-jaga semisal kalian diincar terus oleh hero musuh.

Kegunaan item ini sebenarnya hanya untuk menghindari pick off, serta meningkatkan mental saja, tidak ada kegunaan yang lain.

Jika mungkin kalian tidak cocok dengan Immortality, silahkan ganti saja dengan item defense lainnya seperti Winter Truncheon, atau Queen's Wing.

Kalau menurut saya sih, mending pakai Winter Truncheon saja daripada Queen's Wing biar nanti saat late game bisa freestyle :v

C. Kelebihan dan Kelemahan Yve

Kelebihan

1. Dapat melakukan Clear Minion dengan Cepat
Skill 2 Yve yang dapat memberikan damage secara terus-menerus dalam area yang cukup luas dapat digunakan untuk melakukan clear minion dengan cepat.

Dengan build yang tepat, Yve bahkan dapat melakukan membersihkan satu gelombang minion hanya dengan satu skill saja.

2. Memiliki Area Ultimate yang Luas
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Yve yaitu dalam hal jangkauan ultimate-nya. 

Area ultimate yang dimiliki oleh Yve ini sangat besar, bahkan mungkin areanya sama seperti ultimate Pharsa. Hanya saja, ultimate Yve ini berbentuk kotak ke depan, tidak berbentuk lingkaran seperti yang dimiliki oleh Pharsa.

Dengan areanya yang besar, Yve dapat memberikan burst damage kepada musuh yang berada di bagian paling belakang sekalipun. 

Bisa dibilang jika Yve ini memang menjadi hero yang bagus untuk melakukan counter kepada hero yang memiliki range skill yang jauh juga, seperti Layla, Pharsa, Gord, Luo yi, dan Valir.

3. Memiliki Efek Immune 
Saat melakukan ultimate, Yve tidak akan mudah diganggu sebab hero ini memiliki immune terhadap efek airborne yang dimiliki oleh musuh. 

Efek crowd controll juga tidak dapat membatalkan ultimate dari Yve. Oleh karena itu, Yve dapat berpeluang menjadi langganan ban, sebab hero ini sangat susah diganggu ketika sedang mengaktifkan ultimate.

Kelemahan

1. Memiliki durabilitas yang rendah
Seperti layaknya hero mage yang lain, Yve tidak memiliki HP yang cukup besar, sehingga hero ini akan kalah jika harus terkena ganking atau menerima burst damage yang besar dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi durabilitasnya yang rendah, dalam pembahasan item tadi saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan Clock of Destiny agar persentase HP kalian menjadi lebih besar saat fase mid hingga late game.

2. Tidak memiliki skill blink ataupun dash
Hero yang tidak memiliki blink/dash cenderung mudah terkena pick off saat war. Yve merupakan hero yang masuk ke dalam kategori tersebut, sehingga dalam penggunaannya kalian harus tau posisi dan tidak melakukan blunder sedikitpun.

Selalu perhatikan map dan hindari rumput yang belum dibuka oleh tank untuk menghindari adanya surprise attack dari musuh.

D. Counter Yve

Walaupun memiliki kemampuan yang cukup over power, Yve masih dapat di counter dengan hero-hero berikut:

1. Kaja

Kaja merupakan counter alami dari Yve, skill ultimate Kaja yang memiliki efek surpress dapat langsung menggagalkan Yve yang sedang menggunakan ultimate.

Penggunaan Kaja juga cukup mudah, tunggu saja sampai Yve melakukan ultimate, lalu baru tarik dia dengan skill ultimate Kaja. Secara otomatis, Yve tidak akan bisa bergerak dan dapat menjadi sasaran empuk bagi rekan tim kalian.

2. Hero dengan Crowd Controll

Walaupun skill crowd controll tidak dapat membatalkan ultimate Yve, namun hero yang memiliki banyak skill CC dapat mengganggu Yve saat melakukan ultimate. 

Contoh heronya, seperti: Ruby, dan Tigreal. 

3. Natalia dan Hellcurt

Yve akan diam selama dia menggunakan ultimate-nya, dia tidak akan bisa kemana-mana selain memberikan damage dengan menekan dan menggeser kotak yang berada dalam ultimate-nya. 

Itulah keuntungan bagi pengguna Natalia dan Hellcurt, sebab 2 hero tersebut dapat langsung berlari ke arah posisi Yve dan memberikan damage yang besar kepadanya.

Natalia dan Hellcurt tidak perlu repot-repot lagi mencari Yve, sebab saat melakukan ultimate, posisi Yve akan terlihat di map.

E. Kesalahan Saat Menggunakan Yve

1. Tidak mencicil musuh saat early game

Skill 1 yang dimiliki oleh Yve sangat mudah kalian gunakan untuk mencicil musuh saat early game. 
Jadi, alangkah baiknya fokuskan penggunaan skill tersebut untuk melakukan pressure, jangan hanya digunakan untuk clear minion saja. 

Jika kalian tetap ingin melakukan clear minion, lebih baik kalian tingkatkan skill 2 terlebih dahulu.

2. Menggunakan Ultimate secara asal

Ultimate Yve akan lebih efektif jika stack dari skill pasifnya telah penuh, yaitu 10 stack. 

Jangan sekali-sekali menggunakan ultimate Yve jika stack skill pasif kalian masih kosong, sebab kesempatan kalian untuk memberikan damage akan sangat terbatas. Berbeda jika kalian menggunakan ultimate saat skill pasifnya telah penuh, kesempatan kalian untuk memberikan damage pasti akan jauh lebih banyak.

3. Tidak tau posisi saat war

Jika kalian sudah menggunakan hero mage sejak dulu, yang namanya mengatur posisi pasti sudah mahir kalian lakukan. 

Kebanyakan hero mage memang harus mengatur posisi mereka saat war, sebab mereka memiliki durabilitas yang kecil dan cenderung memberikan damage secara singkat saja.

Apabila kalian tidak bisa mengatur posisi, musuh dapat dengan cepat membunuh kalian dan pasti war tersebut akan dimenangkan oleh musuh dengan mudah, karena kalian yang menjadi damage dealer telah mati duluan.

4. Tidak pernah roaming

Dengan skillnya yang kebanyakan memiliki area damage, kemungkinan besar Yve akan digunakan sebagai support dalam tim.

Sebagai seorang support, tentu kalian harus tahu yang dinamakan dengan roaming. Selama game berlangsung, kalian tidak boleh diam di satu lane saja, sebisa mungkin bantu lane yang lain agar tim kalian dapat mendapatkan turret ataupun memenangkan war.

F. Penutup

Yve merupakan hero yang memiliki berbagai kelebihan dan menurut saya hero ini worth it untuk kalian gunakan, sebab efek skill yang dimiliki Yve sangat berguna dalam berbagai keadaan.

Yve juga merupakan hero yang bagus untuk menjadi rival dari Pharsa yang saat ini banyak digunakan oleh pro player di ajang turnamen besar.

Mungkin itu saja pembahasan dari saya terkait hero Yve. Tetap ikuti terus teh90blog untuk mendapatkan info terkait kupas dari hero yang lain. Jangan lupa tulis di kolom komentar di bawah jika kalian memiliki saran dan masukan terkait postingan ini.

Terima kasih

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Yve : Atribut, Skill, Emblem, Build, Counter, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel