Tips Bermain Game Banished - Teh90blog

Tips Bermain Game Banished

Game Banished PC

Banished merupakan game City Building besutan Shining Rock Software yang rilis pada 18 Februari 2014. Game ini memang dikenal susah di awal mainnya dikarenakan resource serta jumlah penduduknya yang sangat terbatas, sedangkan permasalahan seperti kelaparan dan kedinginan malah muncul terus kayak nggak ada habisnya. 

Maka dari itu, tak jarang orang yang baru bermain Banished pasti akan mengalami kegagalan dan bahkan langsung game over di tahun pertama, karena nggak bisa ngelewatin musim dingin (saya dulu juga kayak gitu soalnya :v).

Lalu bagaimana cara mainnya? 
Apa saja hal yang harus dilakuin di tahun - tahun awal biar warganya nggak pada mati? 

Untuk menjawab beragam pertanyaan tersebut, mari langsung saja simak tipsnya berikut:


Perbanyak Petani dan Fishing Dock

Hal terpenting yang harus kalian saat game ini baru dimulai adalah langsung saja buat lahan pertanian (utamakan buat lahan Crop Field seukuran 10x10), kerahkan beberapa orang untuk menjadi petani, lalu buat juga fishing dock dan langsung kerahkan beberapa warga kalian untuk menjadi nelayan. 

Mengapa hal yang harus dilakukan adalah bertani dulu? Bukannya di awal tuh dikasih stock makanan?

Game ini memang memberikan beberapa stock makanan di awal sebagai perbekalan (besarnya tergantung tingkat kesulitan yang kalian pilih). Akan tetapi, saat musim gugur dan musim dingin, lahan pertanian kalian tidak akan bisa dipakai sehingga warga desa kekurangan pasokan makanan. Maka dari itu, untuk menghindari kelaparan saat berada di 2 musim tersebut, maka langsung saja buat lahan pertanian dan fishing dock di awal kalian main.


Bangun Woodcutter

Woodcutter adalah kunci agar kalian dapat melewati musim dingin dengan lancar. Usahakan untuk membangun woodcutter sebelum musim dingin dimulai karena bangunan ini nantinya yang bertugas untuk memberikan persediaan kayu bakar agar warga kalian tidak mati kedinginan saat musim dingin.

Oiya, jangan lupa juga selalu isi persediaan kayunya agar woodcutter bisa terus bekerja dengan maksimal.


Bangun Blacksmith

Setelah membangun woodcutter, langkah selanjutnya adalah bangun blacksmith agar para warga dapat terus bekerja dengan maksimal. Mengapa demikian? Karena blacksmith ini merupakan bangunan yang bertugas untuk membuat peralatan kerja (tools) yang tentunya sangat dibutuhkan para warga untuk bekerja.

Untuk membuat blacksmith bekerja, selalu pastikan persediaan kayu dan besi tercukupi karena 2 hal itulah bahan baku utama yang dibutuhkan oleh blacksmith.


Bangun Herbalist, Forester Log, Hunter, dan Gatherer

4 bangunan ini adalah prioritas kalian selanjutnya ketika persediaan makanan sudah beres dan kalian sudah berhasil melewati musim dingin dengan lancar.

Pertama yaitu herbalist. Herbalist ini bertugas mencari bahan bahan yang nantinya dapat dijadikan sebagai obat untuk warga kalian yang sakit. Obat yang dicari herbalist biasanya berada di dekat pohon yang sudah tua, sehingga kalian harus membangun bangunan ini di tengah hutan dan jauh dari pemukiman warga.

Selanjutnya yaitu forester log, bangunan ini bertujuan untuk selalu menyediakan persediaan kayu kalian karena forester log akan menebang pohon yang sudah tua secara otomatis, serta menanam bibit pohon agar wilayah itu tidak gersang. Sama halnya dengan herbalist, forester log harus dibangun jauh dari pemukiman agar kayu yang didapatkan lebih maksimal.

Berikutnya adalah hunter. Dilihat dari namanya saya kalian seharusnya sudah tau lah apa kegunaan dari bangunan ini. Hunter merupakan tempat bagi para pemburu untuk memburu hewan liar yang ada di hutan yang kemudian kulit serta dagingnya digunakan untuk persediaan makanan serta bahan untuk membuat pakaian. Sama seperti 2 bangunan sebelumnya, hunter juga harus diletakkan jauh dari pemukiman untuk mendapatkan hasil buruan yang maksimal.

Terakhir yaitu gatherer. Bangunan ini bertugas untuk mengumpulkan akar dan buah - buahan yang ada di hutan untuk menambah persediaan makanan. Sebenarnya gatherer ini tidak begitu efektif jika persediaan makanan kalian sudah terlalu overload, namun buat jaga - jaga ya mending dibangun aja dah, nggak ada salahnya juga. Sama seperti bangunan sebelumnya, gatherer juga harus kalian bangun di tengah hutan agar bangunan ini dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Nah, karena 4 bangunan tersebut harus diletakkan jauh dari pemukiman, maka saran saya mending buat area di tengah hutan yang khusus untuk menempatkan 4 bangunan tersebut. Dengan begitu, maka persediaan makanan, obat obatan, dll akan selalu tersedia dengan lebih cepat.


Bangun Tailor

Yap, seperti namanya, tailor adalah bangunan tempat para penjahit membuat pakaian. Tailor ini sangat berguna agar warga kalian menjadi lebih hangat dan lebih survive saat melewati berbagai musim dan bencana.

Tailor juga sangat dibutuhkan ketika warga kalian mulai bertambah, karena jika ada dari mereka yang tidak berpakaian, maka kesehatan dan kebahagiaannya akan berkurang dengan lebih cepat.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, segera bangun tailor setelah persediaan pakaian mulai menipis.


TIPS TAMBAHAN

Setelah kalian membangun beberapa bangunan diatas, maka seharusnya desa yang kalian rawat sudah dapat bertahan dari berbagai kondisi selama beberapa tahun. Akan tetapi, hal itu tentu belum cukup untuk memperluas desa kalian agar menjadi kota yang maju. Nah, agar desa kalian cepat maju, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:


Bangun lebih banyak rumah, lahan pertanian, dan fishing dock

Jika ingin desa kalian berkembang dengan pesat, maka prioritaskan dulu untuk menambah persediaan makanan serta menambah populasi warga dengan membangun lebih banyak rumah dan sawah.

2 hal tersebut harus selalu seimbang, karena jika penduduk kalian banyak tetapi pasokan makanannya sedikit, maka ujungnya banyak yang akan mati kelaparan. Sebaliknya, jika pasokan makanan terlalu banyak tetapi jumlah penduduk kalian sedikit, maka yang akan terjadi desa kalian akan selalu stuck dalam kondisi itu saja, tidak dapat berkembang.

Oleh karena itu, jika kalian ingin memperluas desa kalian pastikan untuk selalu seimbangkan antara pasokan makanan dan jumlah penduduk.


Bangun School

Sekolah adalah bangunan yang bertugas untuk mendidik warga kalian agar mereka dapat bekerja dengan lebih cepat dan efisien. 

Jika warga kalian sudah banyak, usahakan segera bangun sekolah agar nantinya para pekerja di desa kalian dapat bekerja dengan lebih maksimal.


Bangun Chapel, Hospital, dan Tavern

Chapel, Hospital dan Tavern adalah 3 bangunan yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan warga di desa kalian. 3 bangunan ini wajib kalian bangun agar kondisi mental warga di desa kalian lebih stabil.

Oiya, selain itu kalian juga harus membangun kuburan agar mental keluarga yang baru saja berduka dapat lebih stabil dan mereka dapat lebih termotivasi untuk bekerja.


Bangun Market dan Trading Post

Market dan Trading Post adalah 2 bangunan yang sangat krusial untuk memperluas desa kalian. Market mengambil peran sebagai penyedia berbagai bahan pangan dan peralatan, sedangkan trading post berfungsi untuk menukarkan kekayaan desa kalian dengan hal penting lain guna mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Sebaiknya, taruh market jauh dari storage barn karena seluruh bahan pangan yang ada di desa juga akan tersedia di market tersebut. Untuk membuat fungsinya lebih maksimal lagi, bangun rumah penduduk di sekeliling market agar mereka dapat melakukan sosialisasi dengan lebih efektif.

***

Dengan mengikuti langkah diatas, seharusnya kalian sudah dapat memperluas desa dengan cepat. Untuk bangunan yang lain, silahkan bangun aja kalau kondisinya memang sudah stabil.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai tips bermain game Banished ini. Apabila ada tambahan dari kalian silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com karena blog ini akan selalu memberikan info yang menarik seputar game.

Terima kasih.

1 Response to "Tips Bermain Game Banished"

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel