House of Secrets: The Burari Death (2021) Review - Teh90blog

House of Secrets: The Burari Death (2021) Review

House of Secrets: The Burari Death

11 orang meninggal dalam satu rumah, semuanya ditemukan dalam keadaan tergantung kecuali satu orang yang ditemukan tewas di samping tempat tidurnya dalam keadaan setengah tengkurap, tidak ada tanda tanda perampokan, tidak ada teriakan ataupun jeritan. Lalu sebenarnya apa yang terjadi? Siapa pelakunya dan untuk apa? Sebuah kasus yang penuh misteri tersebut akhirnya diangkat menjadi series dengan judul House of Secrets: The Burari Death.

Series Netflix yang baru saja dirilis bulan lalu, tepatnya pada 8 Oktober 2021 ini memang sedang menjadi topik hangat di kalangan penikmat series. Pasalnya, cerita yang diangkat dalam series dokumenter ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Burari, India pada tahun 2018 lalu. Saat itu, seluruh India gempar dengan penemuan 11 mayat dalam keadaan tergantung seperti layaknya akar dari pohon beringin yang menggantung dari dahannya.

Lebih parahnya lagi, kesebelas mayat tersebut ternyata merupakan satu keluarga besar yang terdiri dari 3 generasi mulai dari nenek (yang tertua), anak dan para menantu, hingga cucu - cucunya yang masih anak - anak. Tragedi tersebut lantas menimbulkan banyak sekali pertanyaan, bagaimana cara pelaku menggantung kesepuluh anggota keluarga tersebut dan apa motifnya? Polisi yang menangani kasus tersebut pun seakan tidak bisa menyimpulkan jawabannnya kecuali mengadakan penyelidikan secara menyeluruh.

Kasus ini menjadi semakin meluas setelah berbagai media datang untuk mencoba meliput tentang keadaaan sebenarnya yang ada di TKP. Seluruh warga India juga datang di lokasi tersebut, mereka berkerumun di berbagai sudut, berusaha melihat sebenarnya apa yang terjadi. Besarnya popularitas kasus ini juga menimbulkan berbagai kontroversi, menyebabkan investigasinya berjalan lebih lambat.

Semua hal yang ditemukan selama investigasi tidak kunjung memiliki titik terang, namun malah sebaliknya, berbagai temuan menimbulkan berbagai kemungkinan baru. Kasusnya memang sangat unik, jika mau dibilang sebagai kasus bunuh diri, lalu mengapa seluruh keluarga tersebut mulutnya disumpal dengan tangan yang terikat? Lagipula, sebagian besar anggota keluarga tersebut merupakan orang terpelajar yang seakan tidak memungkinkan bagi mereka untuk melakukan bunuh diri tanpa alasan yang jelas.

Oke, mari anggap saja mereka dibunuh oleh seseorang, namun siapa yang sanggup membunuh 11 orang tanpa meninggalkan jejak? Sekalipun ada yang bisa, setidaknya harus memerlukan lebih dari 13 orang untuk melakukannya, dan kalaupun itu benar terjadi, lantas apa motifnya? Semua pertanyaan tersebut terus menerus muncul tanpa ada yang bisa menjawabnya.

Sepanjang alur ceritanya, House of Secrets: The Burari Death memberikan perspektifnya sendiri terhadap kasus mengerikan tersebut. Saya sangat suka bagaimana alur cerita film ini berjalan, semuanya misterinya tidak langsung dikuak dalam satu momen, membuat penontonnya dibuat bingung terhadap berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Faktor itulah yang membuat series ini tetap menegangkan dari awal sampai akhir, karena sekeras apapun kalian memikirkannya, penyelesaian kasusnya tetap bikin mind blowing.

Series ini juga berhasil menampilkan proses investigasi yang cukup kompleks, mulai dari perspektif Polisi, tim penyidik, Dokter yang bertugas melakukan otopsi, hingga perspektif pihak media yang menimbulkan kontroversi. Semua hal itu ditampilkan secara lengkap yang membuat penonton seakan memiliki kebebasan untuk mempercayai perspektif mana yang paling masuk akal.

Atmosfer horor yang ditampilkan dalam series ini pun cukup efektif, khususnya pada episode kedua yang menjelaskan bahwa kemungkinan pelakunya adalah arwah dari mendiang sang Ayah yang sudah meninggal beberapa tahun sebelumnya. Dikarenakan pembahasannya terkait hal - hal magis, back sound dan scene yang ditampilkan juga berubah drastis yang awalnya bertempo normal, kini temponya mulai melambat, sambil sesekali diselingi dengan suara bisikan yang misterius, membuat atmosfer horornya begitu terasa.

Jujur saja, saya memang sangat menyukai series ini, apalagi pembahasannya seputar investigasi kasus pembunuhan yang penuh misteri, saya langsung teringat kepada film "Zodiac" yang dulu pernah membuat saya terkagum - kagum, dan perasaan seperti itu kembali hadir saat saya menonton series House of Secrets: The Burari Death ini

Akan tetapi, perlu saya ingatkan bahwa series ini mungkin tidak akan cocok bagi kalian yang menginginkan adegan pembunuhan, karena sepanjang series ini berlangsung yang ditampilkan hanya dalam hal investigasi kasusnya saja, jadi series ini terkesan memiliki alur yang lambat, yang tentu akan sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Namun kalau menurut saya pribadi, series ini udah perfect dari segala hal, mulai dari penggambaran alur ceritanya, footage yang ditampilkan, atmosfer yang diberikan, semuanya sudah memuaskan bagi saya.


Score

9/10

Score 9 saya berikan pada series ini, karena keseluruhan aspeknya memang sudah memuaskan untuk dilihat. Oiya, selain itu, karena series ini hanya berisi 3 episode, membuatnya terkesan tidak wasting time untuk ditonton, berbeda dengan series lainnya yang sampai beberapa season yang tentu akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menontonnya.

Overall, House of Secrets: Burari of Death menjadi series kriminal yang sangat worth it buat kalian tonton tahun ini. Series ini juga sedikit menampilkan berbagai budaya India, khususnya dalam ruang lingkup keluarga yang tentunya akan menambah pengetahuan kalian.

***

Sekian yang dapat saya sampaikan terkait review series House of Secrets: The Burari Death. Jika ada kritik maupun saran dari kalian, silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan konten review film menarik lainnya.

Terima kasih. 

0 Response to "House of Secrets: The Burari Death (2021) Review"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel