Drakor Kingdom Season 1 Review - Teh90blog

Drakor Kingdom Season 1 Review

Poster Kingdom
Image source: https://kingdom-netflix.fandom.com/wiki/Season_1
Directed by Kim Seong-hun
Written by Kim Eun-hee
Cast: Ju Ji-hoon, Ryu Seung-ryong, Bae Doo-na, Kim Sung-kyu, etc.
Genre: Horror

Setelah episode spesialnya yang bertajuk Kingdom: Ashin of the North dirilis di tahun ini, serial Kingdom akhirnya kembali melambung menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan para penikmat film.

Serial yang sebenarnya sudah dimulai sejak 2019 silam ini memang memiliki ciri khasnya sendiri untuk menarik penontonnya, terkhusus juga pada genrenya yang unik, memadukan kondisi zombie apocalypse dengan kepentingan politik kerajaan yang kaya akan nilai historis.

Saya sendiri tertarik untuk mengikuti serial ini setelah menonton episode spesialnya yang memang sangat spesial di mata saya. Entah kenapa, Kingdom ini seperti mengingatkan saya kepada 2 film Train to Busan yang menyajikan zombie dengan karakter badass dan susah untuk ditaklukkan. Perbedaannya dengan serial Kingdom ini mungkin hanya terletak pada latar tempatnya saja, serta adanya kepentingan politik yang diselipkan dalam konflik di serial ini.

Kingdom season 1 menceritakan kisah Putra Mahkota Chang, yang diperankan oleh aktor Ju Ji-Hoon dalam mengungkap misteri penyakit ayahnya, seorang paduka raja yang sedang dirumorkan terkena penyakit. Paduka Raja sendiri pada awalnya dirumorkan terkena penyakit cacar yang mematikan, namun seiring berjalannya waktu, rumor tersebut mulai mencurigakan karena Putra Mahkota Chang sendiri selaku anaknya tidak diijinkan oleh Ibu angkatnya untuk melihat kondisi ayahnya.

Keadaan tersebut juga diperparah dengan posisi Putra Mahkota Chang yang mulai dipojokkan sebagai seorang pengkhianat yang dinilai akan merebut kekuasaan ayahnya demi kepentingannya sendiri. Oleh karena itu, untuk mendapat jawaban yang pasti, Putra Mahkota Chang ini akhirnya pergi ke Dongnae untuk bertemu tabib yang habis dipesan untuk mengobati ayahnya.

Masalah lain muncul ketika tempat tinggal tabib tersebut terkena wabah mengerikan dimana seluruh pasiennya menjadi mayat hidup yang haus darah manusia. Putra Mahkota Chang pada akhirnya harus mencari cara selamat dari wabah tersebut sambil terus mencoba bertahan hidup dari kejaran prajurit yang kini mencarinya karena dituduh sebagai pengkhianat negara.

Kingdom ini pada awalnya memang berfokus pada bagian politik, dimana tokoh utama serial ini, yaitu Putra Mahkota Chang diceritakan harus menemukan bukti yang kuat atas kebenaran dari penyakit ayahnya untuk membantah segala tuduhan pengkhianatan yang dituduhkan kepadanya. Akan tetapi, konflik tersebut mulai meluas setelah wabah zombie mulai bermunculan di tempat dimana tabib tinggal.

Zombie Apocalypse
Sekelompok Zombie yang mencari mangsa, maaf sengaja saya blur dikit biar lulus sensor :v
Konflik politik dan zombie yang terdapat dalam serial ini dibuat dengan kadar yang seimbang, sehingga saya tidak bosan menyimak segala konflik yang ditampilkan dalam serial Kingdom ini. Aktor Ryu Seung-ryong sebagai pemimpin klan Haewon Cho yang mengintimidasi juga berhasil membuat ngeri sekaligus menaikkan emosi akan perilakunya yang memang sangat egois.

Seluruh anggota Klan Haewon Cho ini memang digambarkan dengan karakter antagonis, seperti pejabat yang korup, monopoli kekuasaan, serta haus akan jabatan. Mereka memang klan yang paling berpengaruh di pemerintahan, namun juga sekaligus dalang dibalik berbagai permasalahan yang ada dalam negara itu sendiri. 

Wabah zombie yang ditampilkan dalam serial ini juga memiliki ciri khasnya tersendiri, karena para mayat hidup tersebut hanya akan agresif saat malam hari dan akan mati lagi saat siang hari, mirip lah kayak vampir. Tingkat agresifitasnya pun sekelas zombie yang ada di Train to Busan, mereka dapat berlari dengan kencang dan orang yang tergigit dapat langsung terinfeksi menjadi zombie dalam beberapa menit saja.

Atmosfer seperti itulah yang membuat serial ini menarik, karena perasaan mencekam akan selalu datang saat hari sudah menjelang malam. Perasaan mencekam tersebut juga telah tergambar jelas dalam beberapa scene, salah satunya adalah scene saat Putra Mahkota Chang menolong kereta kuda yang terperosok ke dalam lubang, sementara para mayat hidup mulai bergerak mengejar mereka dengan penuh beringas.

Konflik politik yang ditampilkan juga terkesan sangat menarik, didukung dengan kualitas dari akting dari Ryu Seung-ryong dan Kim Hye-jun yang memang harus diacungi jempol karena berhasil menguras emosi saya sebagai penonton. Terkhusus buat Kim Hye-jun sebagai paduka ratu yang aktingnya sangat saya suka, hanya dengan tatapannya yang sinis dan sombong saja dia sudah berhasil memberikan kesan yang sempurna untuk menjadi seorang paduka ratu yang sadis.

Kim Hye-jun
Kim Hye-jun, paduka ratu yang membuat saya tertarik menonton series ini
Serial ini juga menampilkan beberapa plot twist yang cukup menarik, dan sebagian besar muncul di episode keenam yang merupakan episode terakhir. Berbagai plot twist tersebut cukup sukses membuat saya penasaran akan kelanjutan dari serial Kingdom, sebab plot twist yang dihadirkan juga memang sangat berkontribusi penting dalam cerita, seperti alasan mengapa zombie hanya aktif di malam hari hingga misteri kehamilan paduka ratu yang ternyata penuh dengan konspirasi. Dengan munculnya berbagai misteri baru serta mulai terkuaknya rencana licik Paduka Ratu membuat saya sebagai penonton tambah penasaran bagaimana cerita ini akan berlanjut. 

Kelemahan serial Kingdom season 1 menurut saya hanya terdapat pada minimnya cerita latar belakang Putra Mahkota Chang. Selama 6 episode ini berjalan, masa lalu Putra Mahkota Chang hanya ditampilkan beberapa menit doang. Padahal menurut saya hal tersebut sangat penting dikarenakan masalah yang dialami oleh Putra Mahkota Chang ini sebenarnya terkait statusnya sebagai Putra Mahkota yang harusnya diceritakan terlebih dahulu akar permasalahannya.


SCORE

8/10


Skor 8 saya berikan karena kualitas cerita dan aktingnya yang memang bisa dibilang bagus, walaupun nggak terlalu perfect juga. Karakter zombie yang ganas dan beringas sudah membuat saya tertarik mengikuti serial ini, mengingat zombie dalam film lainnya ada yang dibuat kurang menantang dan hanya itu - itu aja. Menurut saya, dengan menyajikan zombie yang hanya agresif saat malam hari ini memang menjadi ide yang fresh dan terkesan beda dari yang lainnya.

Pada intinya, serial drama korea ini sangat bagus bagi kalian yang memang suka akan hal yang berbau zombie sekaligus mengenal gambaran kerajaan Korea di masa lampau. Tenang saja, seluruh adegan yang ada di serial ini tidak terlalu berbahaya, jadi bisa kalian nikmati bersama keluarga sambil makan chiki, tidak seperti dalam serial The Walking Dead yang memang menampilkan adegan pembunuhan zombie yang cukup brutal.

***

Mungkin itu saja review saya kali ini, selanjutnya mungkin akan saya buat review dari season keduanya. Jadi, ditunggu saja kelanjutannya di teh90blog.com

Oiya, perlu saya ingatkan bahwa seluruh isi konten ini hanya berdasarkan opini saya pribadi. Jadi, buat kalian yang memiliki pendapat ataupun pandangan yang berbeda silahkan saja tulis di kolom komentar.

Terima kasih.

0 Response to "Drakor Kingdom Season 1 Review"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel