Pasien Positif Corona Berkeliaran, Bukti Pelanggaran Karantina Mandiri? - Teh90blog

Pasien Positif Corona Berkeliaran, Bukti Pelanggaran Karantina Mandiri?

Pasien positif Corona yang menggunakan masker. Foto : Pixabay
Salah satu pasien positif Corona dikabarkan telah berkeliaran di Pasar Kaget, Kecamatan Cibiru, Bandung pada minggu (17/5).

Dilansir dari Kumparan.com, pasien tersebut berkeliaran di Pasar Kaget untuk membeli buah - buahan. Kejadian tersebut juga telah dibenarkan oleh Didin Dirkayuana selaku Camat Cibiru.

Dilansir dari Jabar.idntimes.com, Pasien positif Corona memang diketahui berkeliaran oleh warga setempat yang mengetahui keadaan pasien tersebut. Setelah menerima laporan dari warga, Camat Cibiru yang berkoordinasi dengan Puskesmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Pak lurah serta RT/RW setempat langsung menanggapi bahwa tidak baik kalau memang berkeliaran.

Kejadian diatas dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam penanganan Corona ke depannya, bahwa pasien yang positif terdampak seharusnya menjalani karantina mandiri di rumah masing - masing , ataupun melakukan isolasi di rumah sakit rujukan.

Tak hanya itu, para pasien tersebut juga harus diberi pemahaman mengenai prosedur karantina mandiri di rumah agar kejadian yang sama tak terulang lagi. Lantas bagaimana cara melakukan karantina mandiri di rumah?

Informasi terkait hal tersebut bisa diperoleh di laman Pusat Informasi Corona. Laman tersebut diterbitkan oleh platform media berita kolaborasi, Kumparan.com sebagai portal yang secara khusus membahas berbagai hal terkait Virus Corona.
Laman Pusat Informasi Corona
Dalam laman Pusat Informasi Corona tersebut, dijelaskan langkah - langkah prosedur karantina mandiri yang diantaranya sebagai berikut:
  • Pasien positif Corona harus tinggal di rumah selama 14 hari dengan ranjang terpisah dari anggota keluarga lainnya.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi.
  • Gunakan masker.
  • Amati perkembangan gejala, seperti batuk dan sesak napas.
  • Jaga jarak minimal 2 meter ketika berpapasan dengan orang lain.
  • Hindari pemakaian alat makan dan perlengkapan mandi bersama.
  • Ukur suhu tubuh secara rutin.
  • Segera hubungi layanan kesehatan jika kondisi memburuk.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi laman Pusat Informasi Corona pada bagian topik Prosedur Tes dan Pengobatan.

Setelah mengetahui prosedur karantina mandiri diatas, perilaku seperti pasien positif Corona di Pasar Kaget, Bandung sudah dapat dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran dan berhak ditindaklanjuti agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Koordinasi antara warga setempat dan kepala Camat Cibiru dalam menghadapi pasien tersebut juga patut dijadikan sebagai acuan dalam penanganan pelanggaran pasien positif Corona di daerah lain.

Hal tersebut harus terus diupayakan, karena koordinasi antara pemerintah baik pusat dan daerah dengan masyarakat harus terjalin dengan kuat agar kondisi ini dapat berangsur pulih dengan cepat.

Kesimpulan yang dapat dipetik adalah kita sebagai warga negara Indonesia harus selalu menjalin komunikasi yang baik dengan aparat pemerintahan serta membekali diri dengan pengetahuan terkait aturan dan pedoman yang telah dianjurkan oleh pemerintah agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Selalu jaga kesehatan dan tetap #DirumahAja

Jangan lupa kunjungi laman Pusat Informasi Corona untuk mendapatkan beragam tips dan berita terupdate seputar Virus Corona.

Ikuti juga event Marathon Blog Ramadhan yang diadakan oleh Kumparan selama bulan Ramadhan ini, berhadiah jutaan rupiah lho.
Jangan lewatkan kesempatannya!



#TenanguntukMenang
#BerkahNulisdiRumah

0 Response to "Pasien Positif Corona Berkeliaran, Bukti Pelanggaran Karantina Mandiri?"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel