Virus Corona Sampai ke Indonesia? Apa yang harus kita lakukan? - Teh90blog

Virus Corona Sampai ke Indonesia? Apa yang harus kita lakukan?

Mengutip pernyataan dari Presiden Indonesia Joko Widodo pada 2 Maret 2020 bahwa saat ini terdapat 2 warga Indonesia yang sudah positif terkena Corona, Negara +62 pun kini mulai ramai terhadap penanggulangan penyebaran virus Corona tersebut.


Oleh karena itu kali ini teh90blog mau berbagi tips nih mengenai hal yang seharusnya dilakukan agar kalian tidak mudah terjangkit virus Corona. Untuk lebih lengkapnya mari simak pembahasannya berikut.

1.Rutin Mencuci Tangan


Tangan adalah bagian dadi tubuh manusia yang paling sering digunakan untuk interaksi antar sesama manusia maupun dengan hal lainnya. Oleh karena itu pastikan tangan kalian bersih dan steril dalam keadaan apapun untuk menghindari penularan dari Virus Corona.

Usahakan cuci tangan dengan sabun cuci tangan anti bakteri secara berkala untuk menjaga kebersihan tangan kalian.

Saya sarankan tidak perlu menggunakan sarung tangan ketika beraktivitas sehari-hari dengan alasan takut akan penyebaran virus Corona karena kalian akan dianggap aneh jika dilihat orang lain. Selain itu kalian juga tidak membantu menghambat penyebaran virus Corona karena tidak ada alasan ilmiah yang menyatakan bahwa persebaran virus Corona dapat dihambat dengan pemakaian sarung tangan.

2. Gunakan Masker Hanya Jika Diperlukan


Fungsi masker adalah sebagai penghambat penyebaran virus dari orang yang sakit ke dunia luar. Nah maka dari itu jika kalian merasa sehat penggunaan masker sangatlah tidak perlu karena masker hanya diperuntukkan orang yang sakit ataupun orang yang sedang menangani sebuah penyakit seperti dokter, dsb.

Bersikap waspada itu penting tapi jangan berlebihan, jika kalian takut terkena virus Corona maka yang harus kalian lakukan adalah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh kalian, bukan malah menggunakan masker untuk aktivitas sehari-hari kalian.

3. Berolahraga Secara Rutin dan Menjaga Pola Makan


Sudah saya singgung pada poin sebelumnya bahwa meningkatkan imunitas tubuh memang hal yang penting untuk mencegah penularan virus Corona.

Imunitas tubuh akan secara otomatis meningkat jika kalian rutin menjalani olahraga dan memakan makanan yang bergizi. Imunitas tubuh yang tinggi secara otomatis akan berguna untuk menangkal berbagai jenis virus yang ingin masuk ke tubuh kalian.

Jadi untuk menghindari penularan virus Corona, alangkah baiknya untuk memulai meningkatkan imunitas tubuh kita sejak sekarang dengan mulai melakukan olahraga yang ringan seperti jogging, bersepeda, maupun berenang.

4. Waspada Terhadap Orang yang Terkena Flu, Batuk, Maupun Demam


Gejala virus Corona mudah dikenali namun alat untuk mendeteksi virus tersebut masih minim. Maka dari itu hal yang dapat kita lakukan adalah mewaspadai orang yang terkena penyakit yang memiliki gejala yang mirip dengan Virus Corona seperti batuk, flu, maupun demam.

Kita dapat menyarankan orang yang sakit tersebut untuk istirahat di rumah ataupun menutup hidung dan mulut jika sedang bersin maupun batuk untuk meminimalisir penyebaran virus yang sedang dideritanya. Kita juga dapat menyarankannya untuk mulai menggunakan masker.

Perlu diingat bahwa semua batuk dan flu itu merupakan gejala dari virus Corona, jadi alangkah baiknya jika kita menyarankan hal yang seharusnya dilakukan dadipada menjauhi orang tersebut.

5. Tidak Bersikap Panik


Hal inilah yang perlu untuk ditekankan. Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan 100+ rumah sakit yang sudah siap untuk menangani pasien virus Corona tersebut.

Oleh karena itu sebagai warga negara yang berakal sehat marilah kita selalu berpikir positif agar tidak termakan berita hoax yang telah beredar diluar sana. Budayakan untuk melihat sebuah berita secara utuh agar kalian tidak terpengaruh oleh judul berita dan informasi yang tidak benar mengenai virus Corona ini.

Oke mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada kalian. Selalu budayakan literasi dan berpikir optimis.

Sampai jumpa di postingan saya berikutnya.

0 Response to "Virus Corona Sampai ke Indonesia? Apa yang harus kita lakukan?"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel