Kreativitas dan Jiwa Kreatif (Pengertian, Pemicu, Contoh) - Teh90blog

Kreativitas dan Jiwa Kreatif (Pengertian, Pemicu, Contoh)


A. Kreativitas

Kreativitas merupakan sebuah hal yang dimiliki oleh setiap individu. Menurut penulis, kreativitas merupakan sebuah inovasi yang baru dan tidak memiliki kesamaan terhadap hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Kreativitas akan timbul dikarenakan setiap individu memiliki akal dan pikiran yang senantiasa berubah-ubah dan akan berusaha untuk menemukan hal yang baru. Kreativitas juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang telah data. Kreativitas merupakan salah satu kemampuan manusia yang dapat membantu kemampuannya yang lain, sehingga sebagai keseluruhan dapat mengintegrasikan stimuli luar dengan stimuli dalam sehingga tercipta suatu kebulatan yang baru.

Menurut Munandar (1997), kreativitas merupakan kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengolaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan yang muncul.

Suatu proses berpikir yang kreatif dapat diartikan sebagai kemampuan untuk :
1) Menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah yang penekanannya pada kuantitas, ketepatgunaan, dan keragaman jawaban. 
2) Dapat menemukan suatu pemecahan masalah dengan berdasarkan data/informasi yang ada.

Kreativitas dapat dipicu oleh 2 hal yang diantaranya sebagai berikut :
1. Hardskills 
Hardskill merupakan sebuah kemampuan untuk menjelaskan pengertian dan konsep kreativitas serta inovasi yang ditimbulkannya. Kemampuan hardskills dapat membangun proses berpikir kreatif dan memecahkan persoalan yang muncul. Konsep hardskills lebih menekankan pada kemampuan menguasai teori dan menjelaskan tentang proses kreativitas.

2. Softskills
Softskills merupakan kemampuan untuk memahami perlunya berikir secara kreatif, melakukan proses kreatif, dan menggunakan potensi diri untuk berpikir kreatif. Setiap individu dengan kemampuan softskiilsnya mampu membangkitkan berfikir kreatif, memecahkan permasalahan, dan membangun kehidupan untuk selalu berorientasi solusi serta hasil untuk dapat membangun proses kreativitas yang tumbuh dalam diri setiap individu tersebut.

Menurut Thomas Amstrong, terdapat 7 jenis kreativitas yang ada pada tiap manusia yang diantaranya sebagai berikut :
1. Verbal/Linguistik
Kemampuan verbal merupakan kemampuan mengolah kata secara lisan atau tertulis. Kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan verbal antara lain : membaca, menulis, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan sebuah karya tulis.

2. Matematis/logis
Kalian pasti tidak akan asing dengan kata matematis, kemampuan matematis ini adalah kemampuan dalam mengolah angka atau sistem nomor dan konsep yang bisa dibuktikan secara logis. Contoh kemampuan ini antara lain jika kalian sedang belajar matematika, fisika, statistika, dan hal lainnya yang berhubungan dengan angka.

3. Spasial
Spasial merupakan sebuah kemampuan mengolah pola dan disain keruangan. Contoh kegiatan yang menggunakan teori spasial adalah ketika kalian belajar tentang bangun ruang.

4. Musikal
Musikal pastinya akan berhubungan dengan sebuah musik. Kemampuan musikal adalah sebuah kemampuan mengerti dan mengolah konsep musik, nada, irama, dan keselarasan. Kemampuan musikal ada disetiap musisi ataupun seseorang yang menggeluti dunia musik.

5. Kinestetis-tubuh
Kinestesis adalah kemampuan untuk melakukan gerakan. Kemampuan ini lebih kita kenal dengan olahraga, tanpa kita sadari setiap kali kita melakukan sebuah kegiatan olahraga maka kemampuan kinestetis kita akan bertambah secara signifikan. Apalagi jika kita melakukan olahraga secara rutin.

6. Intrapersonal
Intrapersonal merupakan kemampuan memahami perasaan diri, introspeksi, dan berfilsafat. Kemampuan intrapersonal menuntut kita untuk menggunakan daya pikir yang luas. Kemampuan ini tentunya akan lebih mudah dikuasai oleh para ahli filsafat.

7. Interpersonal
Interpersonal adalah kemampuan memahami orang lain, pikiran, dan perasaan. Contoh dari kemampuan interpersonal adalah sikap empati ataupun simpati atas suatu keadaan tertentu. 

B. Jiwa Kreatif

Jiwa kreatif melakukan suatu fungsi kemampuan intelektual dan non intelektual yang dibentuk dari 4 undur dasar yang diantaranya sebagai berikut :
1. Cari tahu
Setiap manusia memang sudah terlahir dengan sikap keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu penemuan baru terus bermunculan seiring perkembangan zaman dikarenakan sikap keingintahuan yang tinggi tersebut dan dibarengi dengan kerja keras yang tinggi.

2. Olah keterbukaan
Sikap terbuka akan sebuah hal memang merupakan suatu perilaku yang positif. Akan tetapi, jika sikap terbuka itu tidak dibarengi dengan pemikiran yang lebih lanjut maka akan menjadi dampak yang negatif. Jadi sebaiknya sikap terbuka itu dibarengi dengan sikap selektif, hanya nilai-nilai positif saja yang diterima.

3. Resiko
Seseorang yang memiliki jiwa kreatif harus berani menanggung resiko atas apa yang telah dilaluinya. Hal ini dikarenakan berani mengambi resikon merupakan langkah awal untuk mencapai suatu keberhasilan.

4. Energi
Kemampuan mengolah energi juga merupakan salah satu unsur dasar dari jiwa kreatif.





0 Response to "Kreativitas dan Jiwa Kreatif (Pengertian, Pemicu, Contoh)"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel