Review Call of Duty 4: Modern Warfare, Series Game CoD Paling Berkesan! - Teh90blog

Review Call of Duty 4: Modern Warfare, Series Game CoD Paling Berkesan!

Review Game Call of Duty 4: Modern Warfare

Fans Call of Duty tentu tak akan asing lagi jika mendengar judul Modern Warfare. Franchise game yang dimulai sejak tahun 2007 silam ini memang memiliki banyak sekali kenangan bagi para pecinta genre FPS. Saking populernya game ini, Activison sampai membuatkan versi remastered-nya yang telah rilis pada tahun 2016 lalu.

Franchise Call of Duty Modern Warfare memang memiliki gameplay serta jalan cerita yang menarik untuk diikuti. Sampai saat ini, setidaknya sudah ada 3 series dari franchise Modern Warfare yang memiliki jalan cerita saling berkaitan antar game-nya. Nah, dalam postingan kali ini, saya akan membahas series pertama dari Modern Warfare terlebih dulu, dimana jalan cerita panjang dari series ini dimulai.


SINOPSIS

Cerita dari Call of Duty 4: Modern Warfare dimulai dengan insiden pembunuhan presiden dari salah satu negara di timur tengah bernama Yasir Al Fulani, tewas ditembak oleh Khaled Al Asad yang disiarkan secara live. Khaled Al Asad merupakan seorang pemimpin gerakan teroris yang memang sudah menjadi incaran tentara Amerika Serikat berkat berbagai tindakannya yang mengancam perdamaian, seperti penyelundupan senjata nuklir misalnya (yang diceritakan dalam misi prolog). 

Oke, kembali lagi ke cerita utama, tragedi pembunuhan Al Fulani tersebut lantas membuat pasukan Amerika pergi ke timur tengah untuk mencari dan membunuh Al Asad. Dalam usaha pencarian Al Asad, pasukan dari Amerika dibagi menjadi 2 divisi, dimana dalam tiap divisi tersebut nantinya ada salah satu karakter yang kita mainkan (Paul Jackson dan Soap MacTavish). Kedua divisi tersebut mempunyai misi yang sama, yaitu menemukan lokasi Al Asad dan membunuhnya. 

Akan tetapi, konflik mulai bertambah saat lokasi Al Asad berhasil ditemukan. Begitu dia diinterogasi,  ternyata yang memegang seluruh kendali senjata nuklir sesungguhnya adalah seorang Ultranasionalis Rusia bernama Imran Zakhaev. 

Misi mereka pun akhirnya bertambah yang mulanya hanya membunuh Al Asad, sekarang berganti ke misi pencarian Imran Zakhaev yang lebih berbahaya. Lantas apakah pasukan Amerika berhasil menemukan Imran Zakhaev? Semuanya akan terjawab dalam game Call of Duty 4: Modern Warfare ini.


FITUR GAME

Call of Duty 4: Modern Warfare secara garis besar memberikan dobrakan yang cukup besar pada eranya, sebab sebagian besar fitur yang ada dalam game ini memberikan peningkatan yang sangat pesat jika dibandingkan dengan game Call of Duty terdahulu. Berbagai peningkatan fitur yang sangat saya rasakan dalam game ini antara lain sebagai berikut:

Membawakan jalan cerita yang lebih rapi dan terkonsep

Harus saya akui bahwa pembawaan cerita dalam Call of Duty Modern Warfare ini memang sangat fantastis. Contoh kecilnya dapat dilihat saat akan memulai setiap misi. Sebelum misi dimulai, terdapat sebuah animasi map yang sangat mengesankan untuk dilihat. Tujuan dari animasi map ini sebenarnya hanyalah menampilkan lokasi dan target dalam misi yang akan kita jalankan, namun animasinya itu ditampilkan dengan sangat bagus sehingga kalian yang memainkannya secara tidak langsung akan ikut memahami jalan ceritanya.

Map Call of Duty 4: Modern Warfare

Selain itu, cerita yang ditampilkan dalam game ini juga tidak memusingkan. Meskipun kita harus memainkan 2 karakter yang berada dalam divisi yang berbeda, akan tetapi inti dari setiap misi mereka tuh tetap sama, dan akhirnya saat mau ke ending nanti kedua divisi tersebut akan disatukan yang membuat ceritanya emang terkesan nyambung dan emang udah saling berkaitan sejak awal. 

Grafis meningkat, namun tetap dengan spesifikasi yang bersahabat

Grafis yang sudah ditingkatkan

Dibandingkan dengan series game Call of Duty sebelumnya, grafis yang ditampilkan dalam game Modern Warfare ini memang memiliki peningkatan yang cukup signifikan. Baik dari segi tampilannya, maupun combat yang disajikan, semuanya disajikan dengan lebih halus dan lebih baik yang membuat pengalaman bermain game ini cukup memuaskan.

Selain itu, spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game ini pun tak terlalu tinggi, sehingga membuat Call of Duty 4: Modern Warfare ini menjadi game yang banyak direkomendasikan untuk para pengguna PC kentang.

Dikutip dari systemrequirementslab.com, spesifikasi untuk bermain game Call of Duty 4: Modern Warfare adalah sebagai berikut:

System Requirements (Minimum)

CPU: Pentium 4 2.4 GHz/ Athlon 64 2800+ (Intel & Athlon 1.8 GHz Dual Core or better supported)
CPU Speed: Pentium 4 2.4 GHz/ Athlon 64 2800+ (Intel & Athlon 1.8 GHz Dual Core or better supported)
RAM: 512 MB (768 MB for Windows Vista)
OS: Windows XP/Vista
Video Card: 128MB 3d Hardware Accelerated card required-100% DirectX 9.0c compatible and latest drivers (NVIDIA GeForce 6600+ / ATI Radeon 9800 Pro+)
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 2.0
Vertex Shader: 2.0
Directx Version: 9.0c
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB of uncompressed free hard disk space (plus 600 MB for Windows swap file)
DVD-ROM: 6X DVD-ROM
Dedicated Video RAM (VRAM): 128 MB

Recommended Requirements

CPU: 2.4 GHz dual-core or better
CPU Speed: 2.4 GHz dual-core or better
RAM: 1 GB (2 GB for Windows Vista
OS: Windows XP/Vista
Video Card: 3.0 Shader Support recommended. Nvidia Geforce 7800 or better or ATI Radeon X1800 or better
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
Directx Version: 9.0c
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB of uncompressed free hard disk space (plus 600 MB for Windows swap file)
DVD-ROM: 6X DVD-ROM
Dedicated Video RAM (VRAM): 256 MB

Menampilkan Senjata Futuristik

Senjata Futuristik

Dikarenakan latar cerita yang ditampilkan mengambil era di tahun 2011, maka wajar saja jika senjata yang nongol dalam game ini kesannya lebih modern. 

Jika kalian merupakan player Call of Duty sejak series pertamanya, maka perbedaan senjata ini akan sangat kalian rasakan. Mulai dari tampilannya, recoil-nya, mekanisme penggunaannya, semuanya memiliki perbedaan yang sangat tampak, kesannya tuh kayak lebih smooth, jadi lebih enak buat dipakai.

Mode Arcade

Mode Arcade

Terdapat 2 mode arcade yang dapat kalian mainkan dalam game ini, yaitu Full Challenge dan Mission Challenge. Dalam mode Full Challenge, kalian diharuskan untuk meraih poin yang tinggi dalam semua misi yang ada dalam game, dimulai dari misi yang pertama sampai misi terakhir secara berurutan (Kesannya kayak ngulang game ini dari awal, bedanya sekarang ada tugas tambahan buat nyari poin yang banyak).

Sementara itu, dalam mode Mission Challenge, kalian diharuskan untuk mendapatkan poin yang tinggi dalam misi yang kalian pilih. Mekanismenya sama persis dengan mode Full Mission, hanya saja dalam mode ini misinya dapat kalian pilih sendiri.

Walaupun sebenarnya kedua mode arcade tersebut nggak jauh beda ama misi utamanya, akan tetapi dengan adanya mode arcade ini, setidaknya dapat membuat kalian lebih tahan lagi buat mainin game ini walaupun udah namatin ceritanya.


KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan

  • Grafisnya lebih baik.
  • Tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk memainkannya.
  • Memiliki jalan cerita yang menarik.
  • Misinya lebih menantang (khususnya saat misi di kapal yang paling epic).

Kekurangan

  • Mode arcade yang disajikan kurang menarik.

***

Dari panjangnya ocehan saya diatas, dapat disimpulkan bahwa game Call of Duty 4: Modern Warfare memang menjadi game FPS yang sangat worth it buat kalian mainkan. 

Terlebih lagi, cerita yang dibawakan game ini terus bersambung dengan series Modern Warfare berikutnya, sehingga setelah kalian menamatkan game ini, ada dorongan tersendiri buat lanjut mainin game Call of Duty: Modern Warfare 2.

Oke, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terkait game Call of Duty 4: Modern Warfare. Apabila ada tambahan dari kalian silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan review game menarik lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Review Call of Duty 4: Modern Warfare, Series Game CoD Paling Berkesan!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel